Rabu, 20 Maret 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP :
SMP Negeri 1 Cikatomas
Mata Pelajaran :Bahasa
Inggris
Kelas/Semester :
VIII/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami tulisan bahasa Inggris
sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar : 1.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif
sederhana secara tepat dan berterima
Indikator : 1.2.1
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
1.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks deskriptif bergambar
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai informasi
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
informasi
dalam teks deskriptif bergambar
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa
mengidentifikasi informasi dalam kalimat-
kalimat sederhana
2. Siswa mengidentifikasi informasi yang
terdapat
dalam bacaan
3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
mengenai bacaan yang sedang dibahas.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang
berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah
berekunjung ke hotel ketika akan membahas bacaan mengenai deskriptif hotel.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali
kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan
Inti
· Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok
yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
· Siswa membaca teks secara individual.
· Setelah selesai membaca, guru meminta
siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan
deskripsi yang ada dalam teks.
- Kegiatan
Penutup
· Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok
siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
· Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa
dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang liburan,
guru meminta siswa menceritakan tentang liburan nya.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Englis in focus
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga
Penilaian:
- Teknik:
Tes unjuk kerja
- Bentuk:
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam
kalimat-kalimat sederhana atau dalam teks
- Contoh
instrumen:
Ø Read
the following text carefully
GRAND OMEGA
”Hospitality is
our Trademark”
Come to Our Hotel
With Fine facilities
·
100
rooms
·
Restaurant
·
Sport
facilities
·
Coffee
shop
·
Karaoke
room
There is a new hotel in my city,it is a four star hotel.
it is located downtown.
The hotel is not very big but the architecture is very
beautiful.it looks like a classic castle in europe.according to the brochure,it
has 100 rooms,a fancy restaurant,complete sport facilities including a swimming
pool,tennis court,gym and sauna,there are also a coffe shop and a karaoke room.
The picture of the rooms in the brochure are very nice.
The rooms look very comfortable. It they contain a big sping bed with big
pillow,a nice sofa,a wardrobe and a television system with programmes from al
over world. The bathroom is very beautiful although it is not very big. It has
a bath tub with hot and cold water so guest can bath in comfortably.
The brochure says” Hospitality is our tradmark”. The
staff of that hotel,from the receptionist,house keepers,and bellboys are
trained to be a polite and to help guests an any way they can.
Ø Practice one
Find out the main
idea of each paragraph from the text
Ø Practice two
Work with your
group,answer the following question based on the text.
1.
What makes the hotel different
from other?
2.
Describe how the rooms of the
hotel looks like?
3.
Describe how the bathroom look
like?
4.
Mention some hotel facilities
5.
What is the hotel moto?
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cikatomas Guru Bahasa Inggris
(________________________)
(_______________________)
Nip. Feri
Defiana
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)